Selasa, 23 Februari 2010

All About Senjata SS1 Buatan PINDAD Indonesia



Sekilas
SS1 adalah singkatan dari Senapan Serbu 1. Senapan ini diproduksi oleh PT. Pindad Bandung. Awal mula pembuatan senjata ini dikarenakan Indonesia diembargo senjata oleh Amerika, yang pada waktu itu Angkatan Bersenjata kita masih menggunakan M 16 sebagai senjata Organiknya. Oleh karena M16 yang ada di Indonesia mulai banyak yg rusak semntara tdk tersedia suku cadangnya akibat embargo, maka Indonesia memutuskan memproduksi senjata sendiri. SS1 dibuat berdasarkan senapan FN FNC dengan lisensi dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN), Belgia. FN FNC saat ini digunakan oleh angkatan bersenjata Belgia. Lisensi FNC juga sudah dijual ke Swedia sebagai Bofors Ak 5.
Spoiler for FNC:



Spoiler for SS1:



Spoiler for AK 5:




Detail desain
SS-1 diproduksi dalam 2 konfigurasi utama, yaitu senapan standard dan karabin pendek. Versi senapan standar disebut SS1-V1 (FNC “Standard” Model 2000) dan karabin disebut SS1-V2 (FNC “Short” Model 7000). Kedua varian diatas dilengkapi dengan barrel yang berisi pelintiran tembakan tangan kanan sepanjang 178 mm (untuk stabilisasi mengantisipasi peluru SS109 belgia yang lebih berat).

Spesisfikasi
Spoiler for Spesifikasi:



Varian
SS1-V1 — Varian dasar bagi SS1. Laras standar dengan popor lipat.
SS1-V2 — Varian pendek dari SS1, larasnya diperpendek.
SS1-V3 — Varian standar dengan popor tetap.
Spoiler for SS1 V1, SS1 V2, SS1 V3:



SS1-V4 — Serupa dengan varian V1, ditambah dengan teleskop.
Spoiler for SS1 V4:



SS1-V5 — Varian terkecil dari semua varian dengan laras 252 mm dan berat 3,37 kg dan popor lipat. Dirancang untuk teknisi, operator artileri, kru tank, paukan garis belakang, dan pasukan khusus.
Spoiler for SS1 V5:



SS1-R5 Raider — Sub varian V5 yang dirancang khusus untuk pasukan khusus terbaru TNI Raider. R adalah kependekan dari Raider dan R5 dibuat khusus untuk batalyon ini saja. SS1-R5 memiliki rancangan lebih ramping dan ringan.
Spoiler for SS1 R5:



SS1 seri M — Dibuat untuk korps Marinir. Dengan proses pengecatan spesial untuk menahan air laut dan tidak mudah berkarat. Varian ini dirancang untuk tetap dapat digunakan setelah masuk lumpur atau pasir. Terdapat tiga varian: M1 dengan laras panjang dan popor lipat; M2 dengan laras pendek dan popor lipat; dan M5 Commando.
Spoiler for SS1 seri M:



Sabhara V1-V2 — Pengembangan varian ini dikhususkan untuk kepolisian, yaitu perlunya kemampuan melumpuhkan bukan membunuh. Varian ini menggunakan peluru 7.62 x 45 mm PT Pindad.

Spoiler for Sabhara V1-V2:




Harga
Spoiler for Harga:
VIVAnews - PT Pindad angkat bicara soal dugaan penyelundupan senjata melalui kapal berbendera Panama 'Capt Ufuk,' yang ditahan aparat Filipina pada Kamis 20 Agustus 2009 malam. Berapa harga satu unit senjata SS1/V1 yang ditemukan di Filipina?

"Harga satu unit senjata serbu SS1/V1 per unit adalah Rp 10 juta," kata Direktur Utama PT Pindad, Andik Avianto. dalam keterangan pers bersama di Gedung Departemen Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa, 1 September 2009.





1 komentar:

  1. Ship mantap nie blog, sy jadi tau mengenai seputar SS(SenapanSerbu) indonesia, thanks browwww :-D

    BalasHapus